7 Buah Dengan Anti Oksidan Tertinggi

Buah dengan Anti Oksidan Tertinggi, Salah satunya populer di Indonesia

Sudah sejak lama diketahui bahwa zat antioksidan berperan penting dalam memperlambat atau mencegah proses oksidasi zat lain dalam tubuh kita. Oksidasi ini sendiri adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh kita yang bisa menghasilkan radikal bebas. Radikal bebas sendiri ini sangat berbahaya karena bisa merusak sel – sel di organ dalam tubuh kita dan membawa penyakit serius seperti diabetes, kerusakan jantung hingga kanker. Tapi semua itu dapat dihindari dengan mudah hanya mengkonsumsi zat – zat antioksidan. Disini frugon telah merangkum 7 buah yang mengandung zat antioksidan tertinggi, bahkan ada lho yang sering kita konsumsi tanpa tahu manfaatnya.

1. Anggur

https://tanamanmart.com/anggur-buah-anggur-tabulampot-anggur/

Anggur adalah tanaman buah perdu yang tumbuh dengan cara merambat pada media tertentu. Buah Anggur memiliki varian rasa dari manis hingga asam ini termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini umumnya digunakan untuk membuat jus, agar-agar, minyak biji anggur, dan kismis. Anggur ternyata mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi dan dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung.

2. Stroberi

Headhttp://taufiqurrozik.blogspot.com/2013/05/budidaya-stroberi

Stroberi merupakan tanaman buah berupa herba yg ditemukan pertama kali di Chili, Amerika. Salah satu spesies tanaman stroberi yaitu Fragaria chiloensis L menyebar ke berbagai negaraAmerika, Eropa & Asia. Selanjutnya spesies lain, yaitu F. vesca L. lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis stroberi ini pula yg pertama kali masuk ke Indonesia.

Buah yang satu ini dikenal dengan rasanya yang asam namun sangat digemari rasanya. Selain itu ternyata buah ini juga mengandung zat antioksidan yang kuat dan dapat mencegah berbagai penyakit.

3. Kiwi

https://topcareer.id/read/2019/11/10/12769/makan-2-buah-kiwi-setiap-hari-ini-manfaatnya/

Buah-buahan sangat bagus untuk kesehatan, tak terkecuali buah kiwi. Konsumsi satu buah kiwi mungkin kamu akan mendapat satu kali manfaat. Tapi, konsumsi dua buah kiwi setiap hari bakal banyak kebaikan yang kamu rasakan untuk tubuh.

Buah ini memang jarang dilihat di pasar tradisional, walau begitu kiwi sudah mulai populer di Indonesia. Buah kiwi mengandung Vitamin A dan E selain dari zat antioksidannya yang cukup tinggi.

4. Blueberi

https://habismanis.com/manfaaat-dan-kandungan-gizi-bluberi/

Walaupun sulit ditemukan dan masih jarang di Indonesia, bluberi merupakan buah-buahan tinggi antioksidan nomor satu. Satu cangkir bluberi mengandung 13.427 antioksidan total. Tidak hanya itu, bluberi pun mengandung flavonoid (querticin dan anthocyanidin) yang memiliki manfaat sama halnya dengan antioksidan. Antioksidan pada bluberi bermanfaat untuk mencegah kanker dan kolesterol tinggi.

5. Plum

https://www.honestdocs.id/manfaat-buah-plum-hitam

Buah ini sekarang mulai menjadi primadona bagi mereka yang ingin diet sehat. Buah yang tergolong genus Prunus ini tak hanya menawarkan cita rasa unik nan khas, namun memiliki sejumlah nutrisi yang teramat baik bagi kesehatan. Sebut saja, vitamin A, C, E yang tergolong sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan radikal bebas dan berbagai agen infeksi.

6. Jeruk

https://www.madaninews.id/2368/mengkonsumsi-jeruk-sehari-sekali-ternyata-bisa-cegah-penyakit-mata/

Buah yang satu ini sangat populer di Indonesia, siapa sih yang tidak pernah makan jeruk?

Jeruk merupakan sebuah buah yang memiliki banyak khasiat. Buah ini kaya dengan vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi dan flu. Jeruk mengandung antioksidan untuk melawan agen kanker.

7. Buah Naga

https://www.honestdocs.id/manfaat-buah-naga-merah-ilmiah

Buah naga terkenal dengan rasanya yang manis dan kandungan airnya yang banyak. Hal ini membuat buah naga nikmat disantap secara langsung maupun dicampurkan ke minuman dingin.  Namun berbeda dengan kebanyakan buah diatas, antioksidan dalam buah naga tidak terletak pada daging buah melainkankulit buah.  Kulit buah naga sudah terbukti melalui berbagai penelitian memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dibanding buah lain.

Tapi itu kan kulitnya, masa dimakan?

Nah untuk itu hadirlah FRUGON yang mengolah kulit buah naga menjadi minuman trendy yang nikmat namun juga menyehatkan. Nikmat di mulut, nikmat juga di perut.

 

 

 

Ditulis oleh : Christian Kurniawan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *