Award Achieved

Meraih Penghargaan Best of Beverage di Entrepreneur Day, Frugon Tidak Hanya Nikmat di Lidah Tetapi Sehat, Inovatif Serta Ramah Lingkungan

Kompetisi Business Creation yang berlangsung selama 5 bulan dan melibatkan lebih dari 500 kontestan pun akhirnya sampai ke babak final. Bermula dari 126 ide bisnis dalam 7 kategori yang berbeda hingga hanya menyisakan 6 ide bisnis per kategori di babak final. Frugon akhirnya keluar sebagai juara dan meraih penghargaan best of beverage pada malam itu (19/1/2020) 

Frugon merupakan bisnis minuman spesialis buah naga yang mengusung konsep zero wastedimana Frugon memanfaatkan daging buah naga hingga ke kulitnya dalam pengolahan minumannya. Bermula dari penelitian karya tulis ilmiah salah seorang anggota tentang pemanfaatan kulit buah naga sebagai teh herbal, maka lahirlah ide bisnis minuman frugon yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi sehat, inovatif serta ramah lingkungan. Kulit buah naga yang selama ini berakhir di tempat sampah dimanfaatkan oleh Frugon karena ternyata kulit buah naga memiliki segudang khasiat. Kandungan antosianin yang terkandung pada kulit buah naga ini mampu menangkal radikal bebas serta menjaga kesehatan kulit. 

Pada kompetisi business creation ini Frugon sempat mengalami banyak jatuh bangun. Di fase pertama, team Frugon sempat diragukan saat presentasi dan sempat masuk ke fase playoff. Fase playoff hanya diperuntukkan bagi ide bisnis yang dinilai kurang siap dan berada di ambang eliminasi. Akan tetapi Frugon mampu meyakinkan para juri bahwa ide mereka layak untuk dipertahankan dan berhasil lolos dari eliminasi pertama yang menyisihkan 1/3 dari total kontestan. 

Di fase ke 2, Frugon ditantang untuk mengikuti mini expo dan melakukan product showcase. Di saat team lain hanya berfokus menunjukkan produk mereka, booth frugon sudah dikerumuni orang yang mengantri untuk membeli minuman. Dengan ini Frugon berhasil lolos dari eliminasi kedua yang menyisihkan ½ dari total kontestan yang bertahan. Di fase ke 3, Frugon ditantang untuk menyiapkan dan mempresentasikan bisnis frugon dari aspek operation, marketing hingga finance dalam waktu kurang dari seminggu. Waktu yang terbatas memberikan tekanan yang sangat berat tetapi Frugon berhasil melalui fase tersebut dengan baik. 

Maka sampailah Frugon pada babak final yang diselenggarakan di Lippo Mall Puri pada tanggal 18-19 Januari 2020. Frugon ditantang untuk melakukan jualan secara nyata ke market serta melakukan presentasi ke juri eksternal. Setelah menggabungkan berbagai aspek penilaian yakni dari presentasi dan juga voting maka pada malam itu Frugon berhasil menyisihkan 5 finalis lainnya dan meraih penghargaan best of beverage.  

 

Article by : Aylen Injaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *